Kamis, 08 Mei 2014

Posted by Nur Endah on 10.19 No comments
Langkah - langkah sharing data di Windows Xp dengan menggunakan jaringan Local Area Network :
1. Kita harus mengkonfigurasi jaringan terlebih dahulu. Klik dua kali icon Jaringan. Lalu klik properties setelah itu pilih TCP/IP dan klik properties akan muncul gambar seperti ini :

Kita isi alamat ip kita dan tidak boleh sama dengan ip pc lain. Jika alamat sama maka akan terjadi collision atau tabrakan data. sehingga konektifitas terganggu. Setelah pengaturan ip selesai klik saja ok lalu close.
2. Untuk mengecek konektifitas jaringan dengan pc lain kita gunakan tool ping. Caranya dengan tekan tombol windows+r dan ketik cmd. setelah itu tuliskan ping diikuti dengan alamat ip yang akan kita cek konektifitasnya. contohnya ping 192.168.1.2
3. Setelah muncul reply form maka jaringan terkoneksi jika muncul tulisan lain maka perbaiki lagi di infrastruktur jaringan atau di konfigurasi jaringan.  Setelah itu kita bisa sharing file karena sudah terkoneksi jaringan.Pilih folder yang akan kita sharing dengan cara klik kanan di folder tersebut lalu pilih sharing and security.

4. Akan muncul kotak dialog, lalu klik check box share this folder lalu lkil ok seperti dibawah ini : 
5. proses sharing selesai sehingga folder yang kita sharing akan berubah dengan adanya gambar tangan pada folder tersebut.

Bagaimana kita mengambil file dari ip pc lain yang sudah di sharingkan ? berikut caranya :
1. Kita tekan windows+run lalu ketik \\alamat ip contohnya : \\192.168.10.1   klik ok
2. Akan muncul kotak dialog yang berisi data yang sudah disharekan pc lain. Kita bisa copy file tersebut ke disk yang kita inginkan.







Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.