Rabu, 25 Maret 2015

Posted by Nur Endah on 01.12 No comments


Tokopedia.com adalah salah satu website E-commerce terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia.

Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan) 


Analisa Menu di Tokopedia: 
Navigasi Web adalah bagian dari situs Web yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs dan menghantarkan pengunjung pada isi yang mereka cari. Dengan begitu pengujung web dapat dengan nyaman meng-explore isi di dalam suatu web.
Posisi Navigasi 

Posisi sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs Web.


- Top Navigation (Navigasi di atas)


Pada tokopedia.com navigasi di bagian atas terdapat menu pencarian , login , sign in , dan menu untuk mengirim pesan ke tokopedia.com. Menu pencarian ini cukup tepat di letakkan dibagian atas, sehingga memudahkan pengunjung yang ingin mencari sesuatu di tokopedia.com. Menu login dan sign ini berfungsi untuk pengunjung yang ingin mendaftar ke tokopedia ataupun pengunjung yang sudah terdaftar, sehingga member dari tokopedia.com.  Selain itu , di pojok kiri web terdapat logo dari tokopedia.com, dimana logo ini akan selalu terletak di posisi itu walaupun pengunjung berada di site-site lain di tokopedia dan apabila di klik, pengunjung akan di arahkan ke halaman awal tokopedia.




- Center Navigation ( Navigasi di tengah )
Pada bagian tengah tokopedia.com daftar kategori-kategori yang dapat dipilih pengunjung untuk menuju kategori tertentu. Sehingga memudahkan  pengunjung dalam dalam mencari produk/barang yang mereka ingin beli di tokopedia .


Selain itu , di bagian tengah (dibawah kategori)  terdapat daftar produk-produk yang sedang popular di tokopedia. Daftar produk ini di buat dalam bentuk listing,yang berguna untuk menginformasikan pengunjung tentang produk terpopuler saat itu.

-  Bottom Navigation (Navigasi di bawah )
Di navigasi bagian bawah berisi link-link tentang informasi umum yang terdapat di tokopedia, seperti : cara belanja, cara berjualan, karir, kritik& saran. Navigasi ini sangat berguna bagi pemula dalam mempelajari tokopedia.com, sehingga pengunjung tersebut akan terpandu.  


Cara Bertransaksi di Tokopedia:
Kita tidak perlu pusing untuk transaksi di Tokopedia, karna Tokopedia sendiri sudah memberikan ulasan cara bertransaksi melalui web resminya.

1.      Pertama-tama, tentunya Anda harus mencari terlebih dahulu barang yang diinginkan. Anda bisa menggunakan fitur pencarian yang tersedia di Tokopedia atau mencari menggunakan Direktori Produk maupun Toko
2.      Setelah menemukan barang yang Anda ingin beli, klik menu "Beli" yang berada di sisi kanan layar produk. Kemudian isi formulir Beli dengan alamat tujuan pengiriman barang (ongkos kirim akan dihitung otomatis sesuai dengan lokasi penjual, alamat tujuan pengiriman barang, dan berat kemasan), pada saat Anda memilih Kota pastikan Kecamatan dan Kabupaten sudah benar untuk menghindari kesalahan penghitungan ongkos kirim ataupun kesalahan pengiriman barang. Setelah selesai Anda bisa klik tombol Tambah. Keranjang Belanja berfungsi untuk menampung barang-barang yang ingin Anda beli. Anda bisa meneruskan berbelanja dan sewaktu-waktu apabila Anda ingin melihat isi keranjang belanja Anda kembali, Anda bisa klik tombol "keranjang" yang berada di sisi kanan Header Menu.  
3.      Setelah puas berbelanja, konfirmasi pemesanan diperlukan sebagai konfirmasi belanja Anda dan perhitungan total pembayaran yang harus Anda lakukan. Caranya, Anda masuk ke keranjang belanja terlebih dahulu (klik "keranjang" di panel sebelah kiri). Pada halaman ini Anda dapat mengecek pesanan dan Anda masih bisa melakukan perubahan sesuai keinginan. Untuk pembelian produk dengan jumlah banyak atau lebih dari satu, akan muncul pilihan langkah apa yang Penjual harus lakukan jika stok yang tersedia hanya sebagian. Apakah Penjual harus membatalkan kekeluruhan pengiriman, atau Penjual bisa mengirimkan barang yang tersedia dan mengembalikan dana sisanya (NOTE: UNIK tidak mendukung Penerimaan Barang Sebagian). Setelah itu Anda bisa memilih Metode Pembayaran dan klik "Lanjutkan". Selengkapnya mengenai Metode Pembayaran dapat dilihat di halaman Pembayaran.
4.      Setelah berhasil diverifikasi, penjual akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan baru. Penjual diberi waktu hingga 3 hari untuk memproses order. Apabila penjual menolak order karena stok habis, perubahan harga, maupun alasan lainnya yang menyebabkan pengiriman barang tidak dapat dilakukan maka dana yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke saldo deposito pembeli.Apabila penjual tidak memberikan konfirmasi status dalam 3 hari setelah pembayaran diterima, maka pesanan akan otomatis dibatalkan, dana akan dikembalikan sepenuhnya ke saldo deposito pembeli.Penjual yang sudah memberikan konfirmasi kesediaan memproses barang, diberikan waktu hingga 5 hari dari tanggal pembayaran diterima Tokopedia untuk menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang. Jika tidak, dana akan dikembalikan sepenuhnya ke saldo deposito pembeli.
5.      Apabila penjual sudah menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang, maka Anda bisa menggunakan fitur Lacak untuk memantau sudah sampai di mana pengiriman barang Anda.
6.      Setelah barang sampai, Anda diberikan waktu hingga 3 hari untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang. Jika tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang hingga akhir waktu yang ditentukan, maka transaksi dianggap selesai, dan dana akan kami teruskan ke saldo deposito penjual. Pada banyak kasus, pembeli telah menerima barang sebelum tombol konfirmasi penerimaan barang muncul. Hal ini disebabkan karena Tokopedia bergantung pada data kurir pengiriman, dan seringkali data belum di-update oleh kurir ketika barang sudah sampai di tangan Anda. Harap menunggu 1x24 jam, kemudian Anda dapat melakukan konfirmasi penerimaan setelah data terupdate. Karena Tokopedia tidak berjualan langsung, reputasi penjual akan sangat bergantung pada setiap pembeli yang melakukan transaksi di Tokopedia. Oleh karenanya luangkanlah waktu Anda untuk menulis ulasan singkat untuk setiap transaksi yang telah berhasil, sehingga Anda bisa membantu Tokopedia menyediakan iklim transaksi yang lebih nyaman. Anda bisa memberikan ulasan kepada penjual terkait:
  • Kecepatan
Seberapa cepat penjual memberikan konfirmasi pemrosesan barang yang Anda inginkan? Dan seberapa cepat pengiriman dilakukan?
  • Akurasi
Seberapa tepat barang yang sampai di tangan Anda dengan barang yang dijanjikan lewat gambar dan deskripsi di etalase penjual?
  • Pelayanan
Seberapa baik penjual menanggapi pertanyaan-pertanyaan Anda di Diskusi Produk ataupun melalui Kirim Pesan.  Berikan ulasan Anda dengan bahasa yang sopan. Andaikan Anda tidak puas dengan kualitas barang yang dikirimkan, sampaikan dengan bahasa yang sopan dan berikan penilaian sesuai dengan tingkat kepuasan Anda. Di masa mendatang, kami akan memberlakukan sistem reputasi dua arah, di mana penjual juga bisa memberikan ulasan terhadap pembeli dengan parameter kesopanan.





Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.